music


MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com

Jumat, 08 April 2011

Resume part."Struktur Pasar"

 kita mengenal beberapa jenis pasar yang ada di dunia. namun kali ini saya akan menjelaskan tentang jenis pasar pasar yang ada di indonesia. dan berikut adalah Jenis - jenis pasar yang ada di Indonesia :


  • Pasar monopoli
  • Pasar oligopoli 
  • Pasar duopoli 
  • Pasar monopolistik 
  • Pasar monopsoni
 kali ini saya akan mengkhususkan tentang pasar monopoli di indonesia. monopoli dalam struktur pasar, memang masih banyak di temukan di indonesia dan di beberapa negara. meski monopoli terdengar kejam terhadap pasar dan produsen lain. kenyataannya di indonesia sendiri para pembeli dan pasar tak terlalu mempersoalkannya dalam beberapa bidang. seperti listrik yang di kuasai oleh PLN [Perusahaan Listrik Negara], meski di kuasai oleh satui produsen saja. namun monopoli ini malah memudahkan pengguna untuk mendapatkn listrik. namun pandangan tentang monopoli di tiap negara tak selalu sama. ada juga negara yang tak menganut sistem monopoli. dan menggunakan sistem pasar lain. 

memang, tak melulu sistem monopoli ini menyulitkan penggunanya. malah bisa di katakan sebalikya. dalam beberapa kasus bukan kemauan beberapa pihak untuk melakukan monopoli namun karna tak ada yang mau mengambil bagian dalam beberapa produk. seperti yang di temukan pada beberapa produk obat misalnya. sebut saja obat anti mabuk kendaraan. saya hanya menemukan antimo sebagai obat anti mabuk. ini bukan kemauan sang produsen untuk memonopoli perdagangan obat ini. namun karna sedikit peminatnya dan pasar yang terlalu sempit. sehingga membuat produsen lain enggan ikut turun dalam perdagangan tersebut. jadi bisa di katakan monopoli tak selalu salah dan menyengsarakan pihak lain.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar