music


MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com

Sabtu, 23 April 2011

Artist part. " Shikata Akiko - 志方あきこ- "

hmm.. kali ini mau bahas tentang artis jepang yang sangat saya idolakan. :'3

[diambil dari premium book Ar Tonelico hymmnos concert side AO // biru]

yup akiko shikata (志方あきこ // shikata akiko) adalah penyanyi dan komposer asal jepang yang saya idolakan. shikata akiko, terkenal dalam mengisi lagu untuk gam dan anime. beberapa game yang pernah dia kerjakan adalah series Ar Tonelico 1-3 , Shadows heart, dan うみねこのなく頃に (umineko no naku koro ni // ketika camar menangis). dan beberapa anime seperti serial anime yang di angkat dari game うみねこのなく頃に (umineko no naku koro ni), dan Tales Of Symphonia. 

Akiko Shikata, mulai menyukai musik dari ia sangat kecil. pada awalnya ia bernyanyi bersama ibunya dan lalu kemudian tertarik untuk belajar lagu-lagu piano klasik. hingga pada akhirnya pada tahun 2001 ia membuat sebuah label record independent dengan nama Vagrancy , dengan itu ia meluncurkan beberapa lagu game independent, pada awalnya dia tak berniat untuk bernyanyi namun, karna tak puas oleh suara sintesis (buatan) yang di hasilkan iapun mulai terjun ke dunia tarik suara.



setahun sesudahnya ia meluncurkan debut pertamanya, Midori no Mori de Nemuru Tori ( burung yang tertidur di hutan hijau) melalui situsnya dan dalam beberapa kurun waktu ia terus meluncurkan lagu lagu di situsnya. dan pada tahun 2003 ia meluncurkan album penuh pertamanya. 廃墟と楽園 (haikyou to rakuen // reruntuhan dan surga) album ini menempati peringkat teratas di chart situs download independent di jepang selama 24 bulan. dan pada tahun yang sama ia bekerja untuk soundtrack sebuah game independent 花帰葬 (Hana Kisou // bunga pemakaman ). 

pada tahun 2004 ia mengadakan tur konser petramanya dan pada tahun 2005 ia mulai debut major nya di dunia musik game. dan setelahnya pun ia terus menyanyi untuk dijadikan soundtrak musik.  diantaranya adalah Ar Tonelico, hingga saat ini ia telah menyanyikan lagu untuk ost Ar Tonelico 1 sampai 3. dan pada tahun 2006 dia mengeluarkan albumnya yang berjudul RAKA. di dalamnya terdapat beberapa lagu game yang pernah ia nyanyikan seperti 花帰葬 (hana kisou) dan 謳う丘 -EXEC_HARVESTASYA (utau oka -EXEC_HARVESTASYA) dari game Ar Tonelico. pada tahun 2007 ia bekerja sama dengan doujin soft untuk mengerjakan game うみねこのなく頃に (Umineko no naku koro ni).

dan pada tahun 2009 ia mengerjakan lagu untuk anime yang di adaptasi dari game うみねこのなく頃に (umineko no naku koro ni) dengan lagu single 片翼の鳥 (katayoku no tori). dan di tahun yang sama ia mengeluarkan albumnya Harmonia. dan pada tahun 2010 lagu single nya yang berjudul Inori no Kanata di jadikan lagu ending dari sebuah anime yang di adap tasi dari game Tales Of Symphonia (Tethe'alla Version). dan di tahun yang sama ia mengadakan konser yang berjudul Pantalea.

suara dan lagu lagu akiko shikata dikenal sangat khas dan memiliki paduan suara yang cukup komplek (ini alasan yang membuat saya suka dengan lagu lagunya). mungkin sulit di percaya tapi di tiap lagunya ia merekam 200 lebih jenis suara yang kemudian di rekam. 

hal yang mengejutkan lainnya adalah banyaknya bahasa yang ia kuasai. saya juga kurang tau apa dia benar benar mengerti tiap bahasa tapi paling tidak ia bisa menyanyikan lagunya dengan luwes dan pas. berikut adalah bahasa bahasa yang ia pernah nyanyikan.

- bahasa jepang (yang ini ga usah di tanya =.=")
- inggris (di HOLLOW)
- Hymmnos (termasuk dialek Pastalia) (hymmnos : bahasa yang digunakan dalam serial game Ar Tonelico)
- Itali
- Celtic? (di Meimu)
- Ainu? (in Iuripuka and Mahoroba)
- latin kuno (di HOLLOW)
- prancis kuno (di La Corolle)
- Amharic? (di Makeda ~Queen of Sheba~)
- Swahili (di Kinkanshoku)
- tibet kuno (di Inori ~Monram~)
- Greek (Istoria ~Musa~ album)
 

uuhh... beberapa emang emang saya tau,. tapi... tapi...  celtic?, ainu?, tibet kuno??..... waw.... dari mana ia belajar semua bahasa itu yah?? =.="


sebenernya saya ingin tulis daftar lagu yang saya suka... tapi kayaknya bakal kelewat panjang.. gimana enggak.. saya sudah download lebih dari 14 albumnya..
  1. harmonia
  2. raka
  3. navigatoria
  4. istoria ~musa~
  5. kaliope
  6. umineko no naku koro ni
  7. katayoku no tori
  8. haikyou to rakuen
  9. Midori no Mori de Nemuru Tori
  10. fluff
  11. kara cola
  12. Pantalea      [cd phamplet dr konsernya]
  13. petit forus
  14. utau oka ~Ar=ciel, Ar=dor~
  15. Ar Tonelico hymmnos concert I
  16. Ar Tonelico hymmnos concert II
  17. Ar Tonelico hymmnos concert III
  18. viridian
  19. nijiiro crayon
  20. inori no kanata
ternyata kalo di itung udah 20 =.=". ga terasa sebanyak itu yang udah saya download. padahal hana kisou, hana kisou "directory cut" dan kurenawi belom saya download =.=". pengennya sih beli CD aslinya ga mau download. tapi udah ngubek ngubek toko kaset di jakarta ga ada yang jual. buka internet juga adanya situs luar. dan di tambah lagi saya ga punya kartu kredit buat pembayaran online.. TT.TT

ah.. nulis lama lama bikin sedih.. segini aja deh.. thx yang udah baca..
bagi yang mau download ini bebrapa site link downloadnya.. m(_ _)m



- http://www.sonixgvn.net/search/label/Akiko%20Shikata
- http://www.4shared.com/dir/14536241/9a7aa15f/Akiko_Shikata____CDs.html

sumber :

- http://en.wikipedia.org/wiki/Akiko_Shikata
- http://oldarm.isisview.org/
- http://chouwa-harmonia.forummotion.com/forum     

ini sites fan forum, saya sih udah join [tapi ga pernah post, cuma liat berita aja].. pake bahasa inggris soalnya TT.TT. bagi yang mau tau lebih bisa buka forum itu.. n tuker cerita...

1 komentar:

  1. Saya juga fans beratnya Shikata. Suaranya itu lho unik binti ajaib. Ibarat kata dia punya angelic dan devilish voice secara bersamaan.

    BalasHapus