music


MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com

Sabtu, 09 Oktober 2010

info ga penting part. " FOSIL HEWAN TERTUA??"


charles darwin mencatat bahwa fosil tertua yang di ketahui sampai hari ini adalah mahluk hidup yang cukup kompleks seperti triops, dan mahluk besar perairan yang mirip seperti kuda laut, kepiting, laba laba, dan saurada dekat mereka. yang sekarang dapat di temukan di dalam bumi dari era cambrian.

karna darwin berasumsi bahwa evolusi terjadi secara perlahan, dia menjelaskan bahwa untuk mengetahui akar dari kehidupan hewan [evolusi] kita harus kembali jauh ke belakang. bagaimana pun tak pernah ada fosil yang tercatat mendukung pernyataannya. darwin bahkan berharap bahwa bebatuan di dasar lautan mungkin memegang petunjuk. tapi kita mengetahui tak ada dasar lautan yang berumur lebih dari 200 juta tahun.

 sejak hari hari darwin melakukan riset fosil fosil secara luas dan menyeluruh terhadap jejak mahluk hidup terkini. upaya ini telah menperbaharui keanekaragaman fosil dalam sedimen batu ediacaran. yang menyimpan banyak dari periode cambrian, yang dimulai 542 julta tahun lalu. bagaimanpun, studi terkini telah menunjukan berbagai jenis organisme ediacaran tak memiliki hubungan yang banyak dengan mahluk yang hidup di abad ini. dan bahkan beberapa dari mereka bukanlah hewan.

di dalam artikel terkini dalam NATURE GEOSCIENCE sebuah tim peneliti dari amerika yang di pimpin oleh adam maloof [universitas princeton] telah melaporkan sejumlah fosil dari batuan kapur di formasi trezona di Flinders rangers australia selatan yang mereka katakan sebagai sebuah organisme mirip spons pertama. meskipun formasi trezona belum pernah tercatat sebagai batuan radiometrikal yang merupakan formasi nuccaleena yang telah dihasilkan sekitar 635.2 juta tahun lalu.

fosil baru memiliki ukura beberapa senti meter dan terlihat di permukaan batu dalam bentuk yang beraneka ragam. berkisar dari bentuk melingkar sebagai landasannya dan bentuk V sebagai garis luarnya. 

 ahli geologi adam maloof menggenggam pecahan batu kapur dari australia selatan yang mungkin berisikan fosil hewan tertua yang pernah di catat hingga hari ini. fosiol terlihat seperti bentuk merah, yang di perkirakan mahluk mirip spons yang pernah hidup lebih dari 635juta tahun lalu.



dalam rangka untuk menafsirkan struktur organisme ini, maloof dan rekannya memotong setipis 50 micrometer fosil yang menempel pada batuan tersebut. setiap bagian di ubah menjadi gambar digital, dan hasil dari gambar itu di ubah mendai 3 perwakilan dimensi menggunakan soft ware terbaru. proses ini menghasilkan berbagai jenis bentuk yang terlihat di permukaan batu dan merepresentasikan bagian bagian yang berbeda dan bentuk tubuh yang tak biasa.

fosil baru ini menunjukkan perbedaan yang mengejutkan di dalam hubungan bagian dalamnya. dengan ruang yang tehubung oleh jalur yang berdiameter sekitar 1 milimeter. mereka benar benar menyerupai spons. bagaimana pun, dinding tubuh spons moderen dan yang telah punah memiliki jarum mikroskopik [spikula] yang lebih lembut dari pada kalsium karbonat atau silica dan dinding yang kuat. kemunculan sejenis spikula dalam fosil di formasi trezona menjadi pertanyaan akan tafsiran sebagai spons.[meskipun para peneliti mencatat kehadiran gumpalan kecil silika di beberapa spesimen , yang mungkin menampilkan perubahan spekula]. 

tantangan terbesar dalam pencarian terhadap mahlukhidup terkini adalah mahluk yang memiliki bentuk seperti tangkai di saat ini mungkin terbentur berbagai hal, sesungguhnya kebanyakan dari karakteristik atribut dari grup hewan ini. dalam arti lain mungkin tak mungkin untuk mengenali beberapa bentuk yang memiliki garis keturunan seperti mereka. keberadaan spekula di fosil baru australia dapat menunjukkan spons lain itu belum ber evolusi dengan fitur ini atau jarum itu merupakan bagian dari batuan kapur yang masuk kedalam fosil saat menjalani peribahan kimia saat proses geologi.

 detail pengawetan dari internal struktur fosil dari formasi terazona benar menunjukkan hubungan dengan spons. tahun geologikal fosil sesuai dengan saat kemunculan pertama spons berdasarkan molekul jam sama dengan catatan molekul geologikal [biomaker] spesifik dengan grup hewan ini.

peneliti princeton , dalam hubungan dengan ahli di situ studio [brooklyn, new york], menggunakan proses 'serial-grinding' dan pencitraan untuk menganalisa ratusan potongan dari sebuah fosil yang terdapat di batuan kapur tersebut. teknik komputer spesial dan kemudian menciptakan model rekonstruksi digital dari spesimen, menghasilkan model 3 dimensional dari mahluk purba itu. 


fosil terbaru yang tak terbantahkan lagi adalah tubuh fosil spons dari ediacaran australia selatan dan beberapa fosil yang lebih muda 90 juta tahun dibandingkan fosil dari formasi trezona. dalam keberhasilan periode cambrian. spons dan beberapa varian organisme mirip spons sangat cepat melakukan diversifikasi [keaneka ragaman]. sejalan dengan grup terbanyak dari hewan masa kini pada saat yang biasa kita sebut dengan "Cambrian Exploison" [ledakkan cambrian].


pencarian terhadap hewan terkini berlanjut menjadi area penelitian yang menarik. ketika pemahaman kita terhadap fosil tercatat dan menciptakan perkembangan luar biasa semenjak saat Darwin memberikan konstribusi besar terhadap pemahaman kita terhadap asal usul dan evolusi awal dari hewan multi seluler di planet ini.
 


maaf kalau translatenya rada ngawur,. maklum ga biasa translate tentang science. klo masih ga yakin bisa ke sumbernya langsung

dari sini:





Tidak ada komentar:

Posting Komentar