music


MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com

Rabu, 09 Maret 2011

Hal ga penting part.43 " My Manga World "

sssiiiiiiii----ng.... muncul lagi setelah ber abad abad ga nulis sesuatu.. hari ini mau bagi bagi cerita tentang perjalanan menggambar saya [emang pernah dapet penghargaan apaan coba. =.="]. yah, biarlah, kalau bicara tentang komik dan dunianya mah ga bakalan kelar deh. saya sendiri kenal komik udah hampir seumur hidup. dari kelas 1 sd sampe sekarang. udah lebih dari 12 tahun. dan selama itu juga saya selalu latihan gambar hampir tiap hari. tapi biar begitu. gambar otodidak juga ada batasnya. akhirnya gambar saya sekarang ga terlalu beda sama gambar saya sewaktu SMA [baru juga 1,5 tahun =.=]. tapi dulu semangan saya buat bikin komik sempet padam. gara gara waktu awal kuliah, ga ada temen yang sehobi gambar. yang ada cuma temen sehobi baca komik. tapi kalau soal gambar ga terlalu. eh, sekalinya ada dia beda tipe. kalau saya tipe manga jepang. dia tipe gravity bomber, mana ketemu =.=". frustasi karna skill ga kembang kembang. akhirnya buka situs sakti yang lebih sakti dari mpu gandring. mbah GOOGLE. akhirnya dengan modal komputer jadul + modem yang baru di beli waktu PRJ. akhirnya saya menelusuri tiap celah web. buat cari tutorial gambar manga. lalu tiba tiba, waktu asal klik. eh nyasar ke sebuah site forum buat orang orang yang suka gambar manga seperti saya. itu adalah.. INDOMANGA.COM .

awalnya coba coba daftar dan coba ngepost. di salah satu treat. dan ternyata,.. responnya asik. anggotanya ga kaku, dan ramah pokonya asik. akhirnya tanpa sadar udah keasikkan disana, dan mulai kenal berbagai jenis alat gambar dan peralatannya dari yang manual samapi digital. semangat yang dulu ilang entah kenapa balik lagi waktu ngeliat gambar gambar yang di post di forum itu. beberapa gambar benar benar buat saya takjub. saya akhirnya coba coba hunting alat gambar manual karna gambar digital saya masih berantakan. akhirnya setelah berburu nemu sebuah toko di internet. dan ternyata tokonya deket.. cuma di jatinegara, akhirnya begitu chat toko itu online saya langsung tanya tanya. akhirnya tau harganya dan langsung melesat ke sana. dan dari situlah awal perjuangan buat ngebiasain diri pake G-Pen dkk. ternyata benar benar susah buat ngendaliinnya. sebentar sebentar tangan geter, alhasil line artnya berantakan bin goyang goyang. begitu udah biasa eh,. malah tintanya ga sesuai. maklum cuma pake tinta parker 10 ribuan, ga pake tinta khusus yang fast dry.

akhirnya sejalan waktu. kebutuhan buat ningkatin gambar pun meningkat. lalu tiba tiba muncul produsen kertas khusus gambar. bagaikan sebuah oasis di gurun gersang. tapi satu masalah. untuk beberapa lama kertas itu belom beredr luas. terpaksa lah menunggu, hingga akhirnya desember kemaren manga paper udah mulai masuk toko di jakarta. dan toko itu ternyata toko yang sering saya detengin buat beli G-Pen. "ini kebetulan ato apa??" tapi berhubung kesibukan kuliah. baru bisa beli kertasnya tadi.. [sebenarnya masalah dompet juga]. pulang kampus kok masih terang. karna kebetulan lewat jatinegara akhirnya saya mampir di toko itu. karna kebetulan stok NIB pen saya abis [rusak semua] rolf. dan ini dia barang barang yang tadi di beli..



itu kumpulan jenis NIB yang saya punya.. dari atas kiri. 1n 2 saya lupa namanya.. trus yang ke-3 'Maru pen', yang ke-4 'Suji / Kabura / pen kodok',. yang bawah 'G-Pen' dan yang paling bawah saya lupa namanya. hehehehe.. kalo buat pemula sih katanya pake Kabura dulu. karna lebih mudah pakenya. tapi kalo saya kemarin belajarnya pake Maru trus langsung pake G-pen


itu kumpulan pen holder yang saya punya.. entah kenapa punya macem macem bentuk kayak gitu.. tapi yang pali saya suka yang kedua dari kiri.


dan yang itu udah kumpul semua.. yang ijo itu manga paper keluaran IM studio. berhubung tadi ga bawa duit jadinya beli yang ukuran A4. tapi kalo beneran mau go Pro. sih katanya pake yang ukuran B4. tapi berhubung ini masih coba coba yah.. beli yang murah meriah aja dulu. hehehe..

meliat dunia perkomikan indo sekarang lagi bergemuruh.. rasanya pengen deh coba ngirim cerita ke editor. tapi berhubung, jadwal kuliah padet. taun depan udah PI dan gambar juga masih semrawut.. alhasil di tunda dulu. tapi saya beneran pengen ngeliat nama saya di komik yang saya tulis sendiri dan di jual di toko toko buku.. waaahh.. kapan yah.. tapi semoga tercapai.. AMIN..

1 komentar: